Saturday, December 30, 2017

TL4002 Rekayasa Lingkungan (Pak Suharyanto)

Halo semuanyaa! Kali ini aku mau review mata kuliah yang cukup familiar ini, yaitu mata kuliah Rekayasa Lingkungan. Yuk intip sedikit!

Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pilihan lingkungan yang sangat langka untuk di pilih oleh mahasiswa Fisika. Mata kuliah Rekayasa Lingkungan dengan kode TL4002 ini berasal dari prodi Teknik Lingkungan memiliki bobot 3 SKS. Mata kuliah ini didominasi oleh mahasiswa jurusan Kimia dan Geologi, mungkin karena cukup berhubungan dengan mata kuliah yang dipelajari di jurusannya. Selain itu, mata kuliah ini juga di dominasi oleh mahasiswa tingkat 4. Lalu, apa sih yang membuat matkul ini menjadi menarik?

Sesuai dengan namanya, Rekayasa lingkungan mempelajari tentang cara mengatasi permasalahan lingkungan dengan diharapkan dapat ditemukan solusi dari permasalahan tersebut. Lingkungan yang dimaksud adalah lingkup yang ditempati manusia atau biasa disebut bumi. Topik-topik perkuliahan yang di sampaikan yaitu mengenai Pengenalan Teknik Lingkungan, Pengolahan Air Limbah, Sistem Penyaluran Air Limbah dan Drainase, Pengolahan Sampah dan B3, Teknologi Bersih, Pencemaran Udara, serta AMDAL. Setelah mempelajari hal-hal yang ada pada mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan untuk peduli pada dampak-dampak yang terjadi pada lingkungan sekitar, dapat dimanfaatkan dengan baik, dan menjaga lingkungan untuk diri sendiri dan anak cucu kita nanti.

Pada topik Pengenalan Teknik Lingkungan, lebih membahas kondisi lingkungan, pengertian pencemaran dan sumber pencemaran, dampak umum dari pencemaran, pengertian-pengertian serta istilah yang digunakan, pengelolaan lingkungan, serta konsep rekayasa lingkungan. Topik ini lebih menjelaskan secara umum tentang  lingkungan dan pencemaran.

Pada topik Pengolahan Air Limbah, membahas tentang karakter Air Limbah, Kualitas dan Kuantitas Air Limbah Domestik maupun Industri, penjelasan BOD dan COD, Pengolahan Air Limbah secara fisika-kimia maupun biologi, dan tentang cara kerja pada alat-alat pengolahan air limbah. Topik ini lebih menekanka cara penggunaan kembali air limbah menjadi air bersih.

Pada topik sistem penyaluran Air limbah dan Drainase membahas tentang teknis dalam menyalurkan air limbah dari perumahan, fasilitas umum, maupun air limbah industri. Sistem drainase membawa air limpasan dari hujan yang jatuh di atap gedung, jalan dan permukaan lainnya. Sistem gabungan membawa kedua jenis air limbah dan air limpasan hari hujan dalam satu sistem. Selain itu juga membahas tentang faktor-faktor yang di perhatikan dalam sistem penyaluran air limbah dan jenis-jenis drainase.

Selanjutnya, topik Pengolahan Sampah dan B3. Topik ini membahas tentang sumber dan jenis-jenis sampah, komposisi sampah, timbulan sampah, teknis operasional sampah,  limbah B3 dalam rumah tangga maupun industri, pengelolaan limbah B3, pengolahan lumpur dan disposal, serta landfill. Lalu terdapat topik Teknologi Bersih. Topik ini menjelaskan tentang Produksi Bersih, End-of-pipe Treatment Technology, konsep Celaner Production, Penanganan Masalah Limbah, Strategi Teknologi Bersih, Prinsip Reduksi Limbah, dan Upaya Reduksi Limbah.

Pada topik Pencemaran Udara membicarakan tentang Jenis dan Karakteristik Pencemar Udara, Sumber Pencemaran Udara, Fenomena Pencemaran Udara, Pengendalian dan Alat Pengendali Pencemaran Udara.Terakhir membicarakan tentang AMDAL. Dengan penjelasan fungsi AMDAL, dokumen AMDAL, Tahapan Studi AMDAL, kerangka acuan dalam membuat AMDAL, dan metodologi AMDAL.

Saya mempelajari mata kuliah ini dengan dosen Bapak Suharyanto. Beliau menjelaskan materi dengan slide presentasi dan melalui video aktivitas lingkungan. Cara mengajarnya sangat santai, aktif dalam berinteraksi, komunikatif, dan santai. Kebetulan di kelas tersebut hanya berisi 19 orang dengan didominasi oleh mahasiswa tingkat 4 dan berasal dari berbagai jurusan. Karena suasana kelas cukup sepi dan khidmat, tak sedikit yang merasa nyaman hingga tertidur di kelas tersebut. Keunikan dari kelas Rekayasa Lingkungan yaitu terdapat 2 jam kegiatan belajar mengajar, dan 1 jam tutorial. Kelas tutorial ini waktunya untuk mereview video yang ditayangkan dan sebagai nilai tambahan mata kuliah tersebut. Untuk Ujian Tengah Semester maupun Ujian Akhir Semester, soal yang diberikan berupa pilihan ganda sebanyak 50 butir dan essay sebanyak 3-5 butir.

Untuk presentasi penilaiannya, kehadiran harus diatas 75%. Jika tidak memenuhi syarat, maka tidak berhak untuk mengikuti UAS. Penilaian mata kuliah ini memiliki bobot UTS 30%, UAS 30%, Tugas akhir 20%, dan Quiz/PR 10%. Nilai PR diperoleh dari tugas yang diberikan untuk membuat infografis tentang lingkungan. Sedangkan tugas akhir diperoleh dari tugas kelompok berupa hasil survey lalu di presentasikan dan di laporkan tentang permasalahan lingkungan serta penanganannya. Untuk lulus mata kuliah ini, nilai akhir minimumnya yaitu 50 dengan indeks C.


Pada dasarnya, mata kuliah ini dipelajari untuk menangani permasalahan lingkungan. Tugas yang diberikan fungsinya untuk kita mengetahui kondisi lingkungan dan mencari solusi dari permasalahan tersebut. Jadi sangat tidak menutup kemungkinan untuk segala jurusan ikut mata kuliah ini dan pastinya akan berkaitan dengan jurusannya masing-masing. Namun memang untuk jurusan Fisika tidak terlalu banyak karena mungkin lebih tertarik pada Astronomi Lingkungan atau yang lainnya yang lebih ke-"Fisika". Mata kuliah ini dibuka sebanyak 5 kelas dengan jadwal yang sama dengan 5 kelas tersebut. Dan kebetulan kelas dimulai saat jam tidur siang hehe. Terkhusus mahasiswa jurusan Fisika yang ingin mengambil mata kuliah ini, disarankan untuk tidam mengambil kelas yang didominasi oleh mahasiswa jurusan Kimia dan Geologi. Karena ada kemungkinan sedikit sulit untuk mengikuti materi yang berkaitan dengan hal tersebut. Karena sebelum dengan Bapak  Suharyanto, saya memilih kelas yang didominasi oleh mahasiswa jurusan Kimia dan Geologi. Dan di minggu selanjutnya, secara terpaksa saya dipindahkan ke dalam kelas yang jurusannya bervariasi. 

Sekian dari sedikit penjelasan saya, semoga tertarik untuk memilih matkul Rekayasa Lingkungan sebagai mata kuliah wajib pilihan lingkungan. Terima kasih!

Penulis: Arsha Rizka (FI16)
Share:

0 komentar:

Post a Comment