Friday, January 4, 2019

FI3163 Metode Elektromagnetik (Pak Doddy Soetarno)

Mata kuliah ini adalah mata kuliah pilihan bebas berbobot 2 SKS. Penulis mengambil mata kuliah ini karena ingin masuk ke KK Fisika Bumi dan sistem kompleks dan saran dari seorang dosen. Mata kuliah ini membahas berbagai macam metode elektromagnetik yang digunakan di fisika Bumi. Nilai diambil dari kuis,tugas individu, tugas besar, UTS dan UAS. Setiap satu materi beres, minggu depannya pasti kuis.

Kuliah awal adalah dasar-dasar elektromagnetik seperti persamaan Maxwell, dll. Karena hal ini lah sebaiknya anda mengambil mata kuliah listrik magnet terlebih dahulu. Jika tidak mengambil matkul listrik magnet sebelum ambil mata kuliah ini, akan terasa sangat membingungkan materi yang dijelaskan paling awal ini.

Setelah materi awal(elektromagnetik), dijelaskan metode MT,CSAMT,CW,dan TEM. Metode MT menjadi yang paling pertama dijelaskan, dan juga slide materinya paling banyak. Materi kuliah dijelaskan dengan slide. Jika dilihat dari pola slidenya, biasanya polanya adalah: teori>proses data>interpretasi>aplikasi. Di pertengahan materi metode MT, anda akan diberikan tugas individu. Yaitu membuat kurva resistivitas semu dan perubahan fasa dari fungsi respon MT. Penulis menggunakan referensi dari paper ilmiah untuk membuatnya dan tentu saja menggunakan kodingan matlab.

Materi UTS adalah dasar elektromagnetik, metode MT dan CSAMT. Perbedaan metode ini adalah sumber frekuensi,biaya dan frekuensi yang digunakan. Dari grafik respon MT atau CSAMT, biasanya di soal ujian anda akan disuruh menginterpretasikan struktur resistivitas permukaan bawah tanah(tujuan metode elektromagnetik) atau sebaliknya.

Materi UAS adalah CW dan TEM, berbeda dengan MT dan CSAMT, slide materi metode tersebut hanya satu file saja, sehingga sudah masuk materi ini sudah jelas langsung kuis minggu depannya.

Sebelum UAS, ada tugas besar. Tugasnya adalah sama seperti tugas individu yang diberikan saat pertengahan materi metode MT, tetapi kali ini berkelompok dan datanya diberikan langsung oleh dosennya. Untuk maksimal pada tugas besar ini gunakan kodingan yang baik, dan juga jangan deadliner.

Selesai tugas besar, terbitlah UAS, materinya dari awal sampai akhir materi kuliah ini.

Indeksnya Goib. Konon tiap tahun hanya ada 1 mahasiswa yang mendapat A di mata kuliah ini.
Nilai kuis akan dibagikan sebelum ujian.

Dosen yang mengajar mata kuliah ini adalah Prof. Doddy Soetarno, beliau terbilang dosen senior disini. Suaranya sangat pelan, jadi kalau bisa duduk di depan jika ingin mengerti materinya. Selain itu pak Doddy orangnya perfeksionis, jadi jangan asal ngarang bebas saat menjawab ujian. Sampaikan poin jawaban anda dengan singkat,jelas, dan padat.

Menurut penulis UTS-nya lumayan, dan UAS-nya cukup mudah. Selama di ujian, ada sedikit fismat yang dipakai, yaitu menghitung skin depth, sisanya teori semua. Jika ingin sukses di mata kuliah ini sebaiknya anda rajin merangkum slide materi dari pak Doddy serta paham konsep fisis yang ada di elektromagnetik  dan mempelajari kuis atau ujian tahun-tahun sebelumnya karena biasanya tidak terlalu jauh berbeda.
Share:

0 komentar:

Post a Comment