Friday, January 4, 2019

FI3141 Aplikasi Nuklir di Industri (Pak Asriel Pramutadi Andi Mustari)

Mata kuliah ini adalah mata kuliah pilihan bebas berbobot 2 SKS yang dibuka tiap semester ganjil. Mata kuliah ini membahas sedikit mengenai fisika nuklir dan reaktornya(fusi dan fisi) secara umum, dan aplikasi-aplikasinya di bidang industri, antara lain, nuklir untuk pembangkir listrik, nuklir untuk batre voltaik dan RTG,nuklir untuk tracer, bahan mempengaruhi material, material mempengaruhi radiasi, radiasi mempengaruhi material, aplikasi nuklir di bidang medis dan pemercepat partikel.

Nilai didapat dari tugas(sangat banyak),UTS dan UAS

Untuk materi pertama adalah penjelasan umum tentang fisika nuklir

Materi selanjutnya adalah aplikasi nuklir di berbagai bidang, untuk UTS materinya dari review fisika nuklir sampai dengan aplikasi nuklir untuk tracer.

Materi setelah UTS masih sama temanya, yaitu aplikasi nuklir, hanya saja di bidang lain. Antara lain material mempengaruhi radiasi, radiasi mempengaruhi material, pemercepat partikel, dan aplikasi nuklir di bidang medis.  Materi UAS diambil dari materi setelah UTS.

Menurut penulis kelas aplikasi nuklir ini terbilang santai, bahkan kelas jam 9-11 yang tertulis di jadwal bisa saja hanya sampai jam setengah sepuluh sesuai keinginan dosennya. Tapi, dibalik keselowannya itu tugasnya sangat banyak. Penulis baru masuk pertemuan pertama minggu depannya sudah ada tugas presentasi kelompok. Penulis juga pernah mengalami bapaknya masuk kelas 5 menit saja, lalu menyuruh kami membuat resume dengan deadline hanya 8 jam. Kalau menurut dosennya sendiri matkul ini harusnya dibuat banyak presentasi. Selain presentasi kami juga pernah dapat kelas pengganti, yaitu ikut konferensi sains di gedung CAS lalu membuat resumenya.

Komentar penulis tentang ujiannya, menurut saya ujiannya sangat mudah. Semua jawabannya ada di slide materi yang dijelaskan di kelas, dan tidak ada BERHITUNG. Penulis bukan sombong, UAS apnuk kemarin penulis menyelasaikan soal UAS hanya dalam waktu 15 menit karena memang semua soalnya teori dan jawabannya ada di slide materinya.

Dosen mata kuliah ini adalah Dr. Asriel. Beliau orangnya serius-serius santai. Anda telat-pun masih diizinkan masuk, hanya saja beliau agak sensitif kalau ditanya kapan nilai ujian dibagikan. Meski akhirnya beliau membeberkan nilai akhir dan indeksnya(Alhamdulillah gak goib). Beliau sering cerita pengalamannya kuliah di Jepang. Beliau sebelum ujian selalu menginfokan materi-materi apa saja yang keluar di ujian.

Tips mata kuliah ini adalah:
a. Jangan malas mengerjakan tugas
b. Cari kelompok yang rajin
c. Selalu bersiap dengan tugas mendadak
d. Jangan males merangkum dan mencatat slide materi kuliah

fyi, di kelas ini saat penulis ambil Alhamdulillah tidak ada yang tidak lulus. Semua lulus dengan indeks yang terbilang bagus yaitu B,AB dan A

Recommended? Tentu saja:)
Share:

1 comment:

  1. Mau main bandarq tapi bank offline? mari gabung bersama pokervita situs bandarq online deposit via Ovopay, Go-pay, dan melalui bank. Anda tidak perlu lagi memikirkan jam offline bank karena hanya di Pokervita deposit 24 jam penuh tanpa offline!

    Info Lebih Lanjut Hubungi :
    WA: 0812.2222.996
    BBM : PKRVITA1 (HURUF BESAR)
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    ReplyDelete