Wednesday, May 30, 2018

MA2081 (STATISTIKA DASAR) Bu Utriweni Mukhayar

Matkul statistika dasar adalah matkul matematika yang wajib pada beberapa jurusan, yaitu teknik perminyakan,teknik pertambangan,oseanografi,meteorologi,dll. Untuk fisika tidak wajib, tapi bisa diambil untuk memenuhi syarat matkul luar 3 sks dan menurut saya worth it diambil. Kenapa? karena statistika dipakai di semua disiplin ilmu baik IPA maupun sosial.
Penilaiannya sebagai berikut:
0-5 %: Tugas
0-5 %: Kuis
5-10 %: Tubes
10-15 %: Praktikum
30-35 %: UTS
35-40 %: UAS
Indeks kelas sebenarnya sama seperti matdas hanya saja untuk lulus NA minimal 45-52. Indeks anda bergantung pada performa anda sendiri dan performa kelas anda.
Toleransi telatnya adalah setengah jam, lebih dari itu masih boleh masuk tapi tidak boleh mengisi absen

Bab 1: Statistika Deskriptif
Bab ini menerangkan tentang apa-apa yang sudah dipelajari di masa sekolah yaitu sari numerik.
Untuk ukuran pemusatan data:Rata-rata,median,kuartil,dll.
Untuk ukuran persebaran data:range,variansi,simpangan baku,dll.
Tentu anda sudah belajar histogram,pie chart di sekolah, namun ada model baru dalam menggambarkan data yaitu leaf-stem plot dan box plot.
Selain itu dikenalkan juga konsep pencilan data yaitu data ekstrem yang bisa mempengaruhi sari numerik data. Bab ini paling mudah untuk dijawab tapi paling mudah untuk salah juga, selalu bawa kalkulator untuk mengerjakan bab ini.

Bab 2: Peluang dan aturan Bayes
Bab ini masih gak jauh beda dengan sma, tapi ada hal yang baru yaitu peluang bersyarat dan aturan bayes. Diajarkan juga dasar-dasar untuk mengerjakan peluang seperti himpunan,irisan,union.
Hal yang paling krusial di bab ini adalah memahami bahasa soalnya dan mengerti konsep Venn Diagram karena misal di peluang bersyarat anda harus bisa membedakan P(A|B) dengan P(A irisan B). Sementara aturan Bayes adalah salah satu hal advance dari peluang bersyarat, hanya saja lebih banyak event (kejadiannya).

Bab 3: Peubah acak
Menurut penulis bab ini sangat krusial sampai akhir matkul ini. Ada 2 jenis peubah acak yaitu peubah acak diskrit dan kontinu. Peubah acak diskrit bentuknya bilangan bulat dan bisa dijumlahkan. misalnya peluang jumlah produksi telur yang dihasilkan ayam peluangnya 0,2 untuk 1 telur, 0,3 untuk 2 telur, 0,5 untuk 3 telur, maka peluang lebih dari 2 telur adalah 0,3 + 0,5 =0,8.
Untuk peubah acak kontinu peluangnya menggunakan integral karena berbentuk interval, misalnya error alat ukur, peluang menemukan elektron di suatu sumur potensial,dll.
Hal krusialnya adalah tanda(misal <= dan <) sangat berpengaruh di peubah acak diskrit peluangnya, tapi di kontinu tanda < dan <= tidak berengaruh karena bergantung pada selang

Bab 4:Ekspektasi
Mendengar kata ekspektasi tentu gak jauh beda dengan harapan, namun sebenernya bahasa matematisnya ekpektasi adalah rataan. Di bab ini kita diajarkan cara mencari rataan dan variansi hanya dari x dan P(X=x), dan menurut penulis bab ini adalah bab termudah di statdas.
lambang matematis ekspektasi adalah E[X]

Bab 5: Distribusi peluang diskrit
Disini dijelaskan berbagai distribusi peluang tapi yang diskrit. Di masa sekolah kita sudah belajar distribusi binomial. Nah, di matkul ini diajarkan distribusi baru yaitu poisson(jika ada selang waktu), hipergeometrik, geometrik, binomial negatif dan (berkaitan dengan usaha dan kesuksesan). Di kelas saya jika datanya sudah lebih dari 25 tidak boleh lagi menggunakan distribusi binomial, harus dihampiri dengan poisson atau normal.

Bab 6: Distribusi peluang kontinu
Disini dijelaskan berbagai distribusi peluang tapi yang kontinu. Di masa sekolah kita sudah diajarkan distribusi normal. Nah di bab ini diajarkan distribusi lain seperti distribusi gamma dan distribusi eksponensial dan lagi yang jadi pembeda antara kontinu dan diskrit adalah interval.

Ya sampai disana materi UTS, anda diharapkan sering-sering latihan dan paham konsep untuk bisa menajawab soal tersebut, soalnya ada 2 bagian yaitu A(Teori) dan B (Esai/Hitungan). Waktu UTS 2 jam

Bab 7: Penaksiran
Bab ini kita akan menaksir rataan dan variansi populasi, dan sebelum masuk ke bab ini dosen akan membagikan tabel-tabel dan rumus yang akan digunakan sampai akhir kuliah, yaitu distribusi T,distribusi Fisher, distribusi chi kuadrat, dan distribusi Z(Normal). Di bab ini akan diajarkan cara menaksir rataan,selisih rataan dan variansi dari suatu populasi dengan menggunakan sampel yang ada.
Rumus-rumus yang digunakan di bab ini diturunkan dari bab selanjutnya, anda harus cermat dalam bab ini karena kondisi yang berbeda akan menggunakan rumus yang berbeda, misalkan jika variansi populasi 1 tidak sama dengan variansi populasi 2 dan tidak diketahui nilainya dan variansi populasi 1 sama dengan variansi populasi 2 tapi tidak diketahui nilainya rumus yang dipakai akan berbeda.
Mengerti harus memakai tabel apa dan membaca tabel distribusi serta membedakan data berpasangan atau tidak jadi poin krusial di bab ini

Bab 8: Uji hipotesis
Bab ini kita akan menguji benar atau tidaknya suatu statement tetapi hanya rataan dan variansi populasi. Misalnya rataan populasi A lebih besar daripada rataan populasi B, kita uji dengan metode yang ada di bab ini, atau variansi populasi A sama dengan variansi populasi B kita bisa uji dengan metode  di bab ini. Inti dari bab ini adalah anda menolak tidak menolak suatu hipotesis. Ada H0(Hipotesis awal) dan H1(Hipotesis tandingan), konsep utamanya adalah anda TIDAK BOLEH MENERIMA H0, yang boleh adalah tidak menolak H0. Anda menolak atau tidaknya H0 bisa dicari dengan rumus dan tabel distribusi yang diberikan dosen, jika di excel anda bisa menolak H0 atau tidak dengan membandingkan nilai p-value dengan alpha(1- selang kepercayaaan)

Bab 9: Anova(Analysis of variance)
Di uji hipotesis anda hanya bisa membandingkan antar 2 populasi, jika lebih dari 2? anda harus menggunakan anova, di anova anda bisa membandingkan jika rataan populasi 1,2,...,n berbeda signifikan atau tidak. Di bab ini digunakan distribusi fisher untuk menolak atau tidak menolak H0.
Anova digunakan dengan 3 asumsi:
a. Populasi berdistribusi normal
b. Variansi antar populasi sama
c. Sampel saling bebas(tidak berhubungan)
Saran penulis sering-sering lah anda latihan soal ini karena tidak ada di kertas rumus dan tabel yang diberikan dosen.

Bab 10: Regresi linear sederhana
Anda yang sudah praktikum fisika dasar dan kimia dasar tentu tidak asing dengan hal ini, yaitu regresi, jika anda di praktikum tentu langsung menginput di A+Bx lalu liat regresinya, kalau di bab ini anda diajarkan mencari rumus regresi linearnya secara manual, selain itu di bab ini juga anda diminta menguji apakah A atau B di rumus regresi y=A+Bx berpengaruh atau tidak dengan tabel distribusi dan rumus di kertas yang diberikan dosen. Selain rumus regresi anda juga diajarkan untuk menghitung korelasi suatu regresi, jika nilainya makin dekat dengan 1 berarti makin cocok model regresi anda, jika mendekati 0 makin tidak cocok model regresi anda. Poin krusial bab ini adalah anda harus bisa menentukan variabel bebas dan tak bebas dari peubah acak tersebut. Selain itu biasanya di ujian bahasa A dan B diganti dengan gradien dan titik potong.

Bab 11: Analisis deret waktu(Time-Series)
Sebenarnya bab ini adalah bentuk advance dari regresi linear, bab ini tujuannya adalah anda bisa forecast nilai selanjutnya(misal di bulan april produksi air 100 mm, maka dengan time series forecast produksi di bulan mei adalah 112 mm). Di bab ini anda tidak diminta untuk memforcast, tapi menghitung ACF(Auto Correlation Function), dan menentukan model yang cocok(AR,MA atau ARMA). Menurut penulis bab ini paling nguli di antara yang lain. Poin krusial di bab ini adalah anda bisa menggunakan kalkulator untuk mengerjakan time-series.

Bab 12: Analisis spasial
Jika bab lalu anda disuruh memforecast berdasarkan waktu, sekarang anda memforecast berdasarkan space(ruang). Di bab ini sangat dituntut permainan tic-tac-toe yang baik dan juga ketelitian sangat tinggi. Di bab ini model soalnya adalah kotak yang mirip permainan tic-tac-toe lalu anda disuruh menghitung jarak lag yang mungkin(Phytagoras really useful), semivariogram eksperimental dan dari semivariogram tadi anda disuruh menentukan model yang cocok. Jika di time-series anda capek di menghitung, di bab ini anda capek mencoret kotak.

Ya sampai situ saja materi untuk UAS(Bab 7-12), bentuknya masih sama dengan UTS, bagian A(Teori) dan B(Esai/Hitungan) di UAS nanti diberikan rumus dan tabel distribusi yang digunakan untuk menjawab soal di ujian. Jangan lupa bawa kalkulator. Waktu UAS 2,5 jam

Selain kelas ada juga praktikum dan tugas besar


Praktikum: Statistika deskriptif,Distribusi peluang,Penaksiran,Uji hipotesis,Anova,Regresi linear,time-series,analisis spasial.

Praktikumnya dilaksanakan di gedung cas lab komputasi, untuk semua bab anda bisa memakai excel(XL stat dan statplus), dan SPSS, kecuali untuk time series anda hanya bisa menggunakan SPSS dan khusus analisis spasial menggunakan program surfer.
Nilai praktikum: Hadir 35 % + Jurnal 15 % + Tes awal 5 % + Tes Akhir 10 % + Aktivitas 20 % + PR 15 %. Jurnal dikerjakan maksimal 2 halaman, usahakan sedetil tetapi sesingkat mungkin, PR anda disuruh mengerjakan soal di modul yang diberikan koorshift dan nanti disubmit jawaban (pdf) dan proses (excel,spss,dll.) secara online ke gdrive koorshiftnya. Praktikumnya menurut penulis sangat bermanfaat karena bisa belajar program statistika bahkan dasar kayak excel, dan asprak disini sangat membantu penulis dalam mengerjakan aktivitas praktikum. Setelah 7 shift praktikum ada UAS praktikum.

Tugas besar adalah anda mencari data real di Internet lalu anda olah lalu publikasikan di pameran dalam bentuk poster. Tugas besar dilaksanakan di akhir kuliah(setelah UAS).

Pengalaman berkesan saya di matkul ini adalah saya akhirnya bisa mendapatkan nilai ujian di matkul MA di atas 70 dan bertemu dosen dan salah satu orang minang terbaik yaitu Bu Utriweni Mukhaiyar.

Menurut penulis, Bu Utri adalah dosen terbaik selama saya belajar di ITB. Mengapa? Karena anda saya yakin ada ilmu yang masuk kepala jika masuk ke kelas beliau, dan beliau peduli terhadap mengerti atau tidaknya muridnya. Mengajarnya top!!! Meski banyak tugasnya baik dalam bentuk PR/tugas di kelas.

Dari penulis tips agar anda sukses di mata kuliah ini adalah:
1. Paham konsep
2. Mau nguli (menghitung,lihat tabel distribusi, dll.)
3. Ngerti make kalkulator
4. Cepat dan teliti
5. SERING LATIHAN SOAL baik dari mathco/modul latihan soal dari dosen
6. Untuk bab 3 dan selanjutnya jangan lupa definiskan peubah acak terlebih dahulu
7. Mengerti makna bahasa(atau,dan,setidaknya,paling sedikit,paling banyak, dll. anda salah menafsirkan, bisa fatal akibatnya)
8. Jangan coba-coba titip absen
Share:

2 comments: