Tuesday, August 7, 2018

FI2102 Mekanika (Pak Sparisoma Viridi / Pak dudung)


Sesuai namanya, mata kuliah ini akan membahas tentang mekanika klasik yang biasa kita kenal (tentu saja, mekanika klasik, atau juga dikenal sebagai mekanika Newton. Mata kuliah ini tidak akan membahas mekanika yang lain seperti mekanika statistik ataupun mekanika kuantum). Secara umum materi yang diberikan terbagi dalam bagian-bagian besar yaitu kinematika, dinamika, gaya sentral, sistem partikel, sistem non-inersial, serta formalisme Lagrange.  Materi yang diberikan tidak akan berbeda jauh dengan materi SMA ataupun SBMPTN yang sudah kalian pelajari sebelum menginjakkan kaki di institut terbaik bangsa ini, kecuali pada bagian sistem non-inersial yang membahas tentang kasus-kasus dimana pengamat berada pada kerangka yang dipercepat sehingga hukum Newton tidak lagi invarian, dan juga pada formalisme Lagrange (Spoiler Alert!!) yang tidak lagi meninjau dinamika sistem menggunakan vektor  melainkan menggunakan prinsip variasi minimum dari suatu fungsi skalar (penjelasan lebih jauh akan anda dapatkan di kuliah Fisika Matematik tentang kalkulus variasi).

Selanjutnya mari kita bergosip ria tentang dosen pengampu mata kuliah ini yaitu bapak Sparisoma Viridi atau yang biasa dikenal sebagai pak dudung (Honestly, saya juga ga tau kenapa bisa dipanggil pak Dudung). Menurut saya, beliau sangat analitis dan sangat menyeluruh dalam membahas suatu kasus fisis, mungkin karena beliau berasal dari fisika komputasi. Sebagai contoh adalah beliau pernah menunjukkan solusi untuk gerak osilasi terkopel  dengan menuliskannya step by step  sehingga perlu menghapus papan sebanyak dua kali (sekitar sembilan papan GKU Barat). Bagi anda yang suka mencatat, saya merekomendasikan pak dudung sebagai dosen mekanika anda. Tetapi kadang saat beliau mencatat kelas menjadi terlalu sepi dan , yah bisa dibilang, mencekam. Mungkin ada satu keanehan yang terjadi pada kelas mekanika pak dudung tahun 2017, yaitu setiap mahasiswa harus mengikuti ujian tiga karena hingga hari diadakannya ujian, nilai dari ujian satu dan dua belum keluar. Saya adalah salah satu dari mahasiswa yang terdampak sehingga saya harus mengikuti ujian tiga.

Sebagai penutup, saya ingin memberikan selamat kepada anda, mahasiswa yang baru saja diterima di prodi fisika maupun yang mengulang mata kuliah mekanika ini, karena anda akan mendapatkan ilmu yang lebih dalam dan semoga menjadi manfaat untuk karir fisika anda kedepannya. Mengikuti kelas mekanika dengan pak Dudung menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan oleh saya, semoga anda pun demikian.

Wassalam

Teman adalah saudara
Saudara adalah keluarga
Kalau ngantuk, ke sekre tempatnya
Hidup Himafi!!!
Share:

0 komentar:

Post a Comment